Pin BB 22be8505
+6285-229-723-304
+6289-856-971-18
ekosaantoso@gmail.com

HARGA DAN KUALITAS : INILAH DUNIA RIIL

Friday, May 29th 2015.

HARGA DAN KUALITAS : INILAH DUNIA RIIL

Awas

Saya sendiri bisa menyimpulkan soal antara harga dan kualitas ini dari dua sisi: Kita sebagai konsumen dan kita sebagai produsen/penyedia jasa:

  1. Sebagai konsumen, kita “harus tahu diri”. Kalau kita membayar murah ya jangan berharap mendapat produk berkualitas premium. jika kita membayar murah ya terima saja sesuai fasilitas yang dijanjikan. Jangan sampai budget kita avanza, tetapi menawar Fortuner seharga Avanza, dengan alasan, “kan sama-sama roda 4″ hehehe. Kasihan salesnya nanti.
  2. Sebagai produsen/penyedia jasa, sering kita harus memilih. “Jualan kualitas atau jualan harga”? Dalam dunia riil, bahkan di industri besar pun kita sering harus memilih strategi ini. Kata seorang temen yang marketer di sebuah perusahaan besar, marketing kadang harus memilih dan kita tidak bisa memuaskan semua pihak. Dari sisi inilah kenapa segmentasi dan positioning itu penting. Mungkin ada sebagian yang bilang “di sana, kualitas bagus, harga murah”. Premis ini harus dibuktikan serius, setidaknya ada kemungkinan:

Pertama, pembandingnya apa/dimana sebab bilang murah/mahal harus jelas pembandingnya. Jangan-jangan memang sepertinya sama, tetapi fitur produk/layanannya ada yang berbeda. produk mebel murah? Lihat dulu, bagaimana kualitas bahan baku kayunya, bahan baku finishingnya, bagaimana kehalusan finishingnya, dll… Jangan-jangan berbeda?

Kedua, Jangan asal beli atau tergiur dengan harga murah di facebook atau di sosial bookmarking lainnya, lihat dulu dan bandingkan harganya, apa dia memiliki website resmi dan nomer rekening asal dia berwirausaha semisal dari kota jepara, pastikan rekening banknya cabang Jepara. atau jangan-janagn dia hanya ingin menipu daya anda dengan harga murah.

Kedua poin besar di atas, menjadi penting karena ini menyangkut pilihan metode jual beli. Kami sendiri di www.pintugebyok.com lebih memilih menjual kualitas daripada “jualan harga”. Walau sebenarnya harga kami tidak terlalu mahal juga, tetapi kami tidak mau terjebak pada perang harga dengan kompetitor. Sebab kami yakin, kualitas itu ada harganya.

Nah, bagaimana dengan pilihan rekan-rekan? Memilih “kualitas” atau “harga”, atau ada juga yang dua-duanya? Ya nggak ada yang salah sih dalam bisnis. Tapi tiap pilihan pasti ada efeknya 🙂

Salam www.pintugebyok.com

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)